Tuesday 11 June 2013


















Kerusakan-Kerusakan Pada Bios Sering kali terjadi, kersukan tersebut kebanyakan terjadi karena Perawatan PC kurang di perhatikan.
Berikut Beberapa Kerusakan Yang sering Kali terjadi Pada Bios :

1.Kesalahan Update Bios
          Kesalahan dalam meng-Update atau memilih versi Bios dapat menyebabkan PC anda Nge-Hang Atau Rusak. untuk itu dalam proses peng-updatean Bios sangat perlu di perhatikan.
Cara mengatasi kerusakan ini : Kesalahan  dalam Meng-Update Bios tidak dapat di batalkan, kecuali jenis mother board yang memiliki fasilitas backup Bios, jika terjadi kerusakan seprti ini maka anda dapat Merestorenya dengan cara memindahkan posisi Jumper Pada Motheboard. Jika Motherboard Anda tidak memiliki fasilitas Backup Bios, maka  Jalan satu-satunya adalah Menggati Chip Bios tersebut.


2.Bios Mengeluarkan Bunyi Beep
          Bunyi beep merupakan pertanda terjadi kesalahan pada bios, umumnya kesalahn yang banyak terjadi pada PC adalah Memory yang tidak terdeteksi , Vga card yang bermasalah, Prosesor, dll.
Berikut Adalah Beberapa Arti Dari Bunyi Beep Bios :
  • 1 Beep Pendek

    Bunyi beep pendek 1 kali merupakan bunyi beep yang sering kita dengar pada saat pertama kali komputer dihidupkan dan inilah kondisi normalnya, Bunyi beep pendek 1 kali menandakan tidak ada masalah dengan hardware yang telah dicek oleh BIOS.
  • 1 Bunyi Panjang , 2 Beep Pendek

    Satu beep panjang diikuti oleh dua beep pendek menunjukkan bahwa telah ada beberapa jenis kesalahan dengan kartu video. Mengganti kartu video biasanya yang paling Anda harus lakukan untuk memperbaiki ini satu.
  • 1 Bunyi Panjang, 3 Beep Pendek

    Satu beep panjang diikuti tiga beep pendek berarti bahwa baik kartu video tidak terpasang atau memori pada kartu video yang buruk. Cobalah untuk mengganti kartu video (VGA Card) untuk memperbaikinya.
  • 1 Beep bernada tinggi, 1 Bunyi bernada rendah (Berulang)

    Sebuah nada beep bernada tinggi diikuti nada beep bernada rendah merupakan indikasi adanya masalah pada CPU (Processor).  Biasanya terjadi overheating (panas berlebih) pada Processor atau kerusakan pada Processor  karena penyebab lainnya.
  • 1 Beep bernada tinggi (Berulang)

    Sebuah kode beep bernada tinggi yang berulang mengindikasikan kondisi Processor yang overheating. Segera matikan komputer pada saat mengetahui adanya overheating pada Processor ini karena kondisi overheat ini dapat merusak Processor.
  • Bunyi Beep lain

    Bunyi beep berulang dan bunyi beep lainnya mengindikasikan adanya masalah pada memori. Untuk itu cobalah untuk mengganti memory (RAM) untuk memperbaikinya.
3.Batrey Cmos Rusak/Lemah
          Muncul Pesan Cmos "CheckSum Vailure" Pada Saat Start Bios.
Hal ini terjadi karena Tegangan Yang Mensuplly Ic Bios Tida Normal Karena Batrey Lemah, Sehingga settingan Bios Kembali ke Settingan Default.
Cara Mengatasinya Yaitu Dengan Cara Mengganti Batrey Yang baru.

0 komentar:

Post a Comment